Manfaat TIK di sekolah ku


Abis mandi, liat kacakacanya tinggi dan lebar
selamat pagi para pembaca
Apa kabar?

Semoga baik-baik saja ya kabarnya, hehe :D

Di postingan ini, saya akan mengulas tentang Manfaat TIK di sekolah ku. Tentu saja, TIK yang saya bicarakan ini berhubungan dengan sekolah tempat saya mencari ilmu di sana.

TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) merupakan suatu ciptaan yang timbul dari sebuah perangkat dan alat lainnya yang menghasilkan sebuah informasi dan komunikasi di dalamnya dan juga memiliki cara penggunaan yang sederhana, mudah dan tidak merepotkan.
Adapun pengertian "Teknologi" itu sendiri adalah suatu usaha untuk mengubah kegunaan sebuah alat, benda atau barang menjadi lebih efisien, mudah di gunakan dan lebih canggih bahkan dapat mengubah suatu benda menjadi benda yang lebih bermanfaat..

Di jaman sekarang ini, semua orang (mulai dari anak-anak, remaja dan dewasa) sudah mengenal dengan teknologi. Apa Anda tidak percaya? Tanya dong sama mereka (terutama anak-anak, mereka sudah mengerti ponsel dan menggunakannya).
TIK ini memiliki fungsi yang sangat banyak bagi semua orang dan semua tempat. Intinya, TIK ini sudah menjadi hal yang wajib yang harus di penuhi dalam kebutuhannya di suatu tempat dan setiap orang yang ada di tempat tersebut. Salah satu tempatnya adalah di sekolah.

Di sekolah Anda, pasti sudah memiliki TIK di dalamnya termasuk di sekolah saya sendiri. Nah, TIK ini lah yang membantu pekerjaan-pekerjaan siswa menjadi mudah di selesaikan.
Pekerjaan-pekerjaan apa sih yang di maksud?

Seperti, mencetak lembar tugas, mengkoneksikan jaringan, mengakses komputer, membuat animasi, dan semacamnya. Itu semua di lakukan oleh teknologi yang sedang berkembang dalam kehidupan kita.

Komputer
Di suatu hari, saya pernah di berikan tugas oleh guru saya untuk merakit komputer. Nah, saat itu saya melihat banyak perangkat-perangkat keras yang harus saya gunakan untuk merakit komputer itu sendirian. Tentu saja, perangkat-perangkat tersebut termasuk dalam TIK karena ada suatu olahan dan pekerjaan dari perangkat tersebut yang menghasilkan data yang berupa informasi dan komunikasi.

Setelah saya menyelesaikan tugas saya, minggu depannya saya di perintahkan untuk menginstal OS (Operating System) atau sering di sebut Sistem Operasi.
OS juga merupakan TIK karena OS adalah perangkat lunak komputer yang dapat mengoperasikan komputer yang saya rakit tadi sehingga dapat mengkomunikasikan antara pengguna komputer dengan komputer yang di gunakan tersebut.

Saya pernah melihat sebuah acara yang sedang membahas teknologi, namun kategorinya adalah robot. Di dalam acara tersebut, di jelaskan bahwa robot itu di ciptakan dari teknologi yang di kembangkan dari komputer. Dan untuk membuat sebuah robot, di butuhkan sebuah program dan sistem yang nantinya akan berperan sebagai otak dari robot itu sendiri dan alat yang digunakan untuk melakukan hal itu adalah komputer.

Harga penjualan untuk satu robot saja bisa mencapai jutaan rupiah, bayangkan saja kalau anda berhasil menciptakan robot hingga 3 buah saja, anda sudah mendapat penghasilan yang lumayan besar. Tapi, tentu saja cara membuatnya pun agak rumit, hehe
Robot

Di tambah lagi, Anda juga dapat membuat hal yang yang lainnya dari TIK ini, seperti membuat film dan animasi. Modalnya hanya software, pemikiran anda, ilmu yang anda kuasai dan sedikit uang yang harus di keluarkan kok untuk membuatnya (gaya nya, sok kaya. hahaha :D).

Jika anda sudah mendapat modal itu, anda tinggal membuatnya dan kemudian promosikan hasilnya di depan umum, terus liat deh hasilnya. Itu pun, tergantung dari kualitas dari apa yang anda buat, kalau bagus pasti dapat uang. :D

Apa Anda pernah merasa jenuh dan bosan? Pasti pernah ya, sama dong seperti saya, hehe.
Saya pernah merasa jenuh dan bosan saat di lab komputer karena saya tidak menemukan hal yang baru. Namun, setelah beberapa saat kemudian saya menemukan aplikasi pemutar musik di komputer yang saya gunakan itu.
Headset
Wireless (Bluetooth & Infrared)
Untungnya, ada headset juga di komputer itu sehingga ketika saya menyetel sebuah lagu, suara yang di keluarkan tidak terlalu berisik di lab.

Tapi, pasti ribet ya kalau harus ada kabelnya. Untuk itu, Wireless di butuhkan.

Apa itu Wireless? yakni suatu penghubung dari satu perangkat ke perangkat lainnya tanpa menggunakan kabel. Kok bisa gitu? ya, karena ada jaringan di wireless itu sendiri.

Contohnya Bluetooth, dan Inframerah. Fitur ini ada di ponsel, Tablet PC dan perangkat lain. Fungsinya pun selain untuk menghubungkan antar perangkat, wireless juga dapat di jadikan sebagai alat untuk mentransfer file dari suatu perangkat ke perangkat lainnya.
Kalau saya lagi butuh aplikasi dan software komputer, saya biasanya minta sama teman dan guru dengn menggunakan bluetooth untuk mentransfer filenya ke ponsel saya.

Dan lagi (kayak judul lagunya Lyla aja nih, wkwkwk :D), saya melihat ada juga pemutar video serta file video nya pun tersedia di dalam komputer yang saya gunakan di lab komputer sekolah saya. Jadi, saya setel juga video nya. Setelah itu, rasa jenuh dan bosan pun hilang deh :)

Beberapa alat yang sering kita gunakan di sekolah pun itu merupakan teknologi.
"GUNTING". Di sekolah saya terdapat beberapa gunting, sudah tahu kan apa funginya gunting? Ya, gunting dapat berfungsi untuk memotong benda.

Lalu, kenapa gunting di sebut juga sebagai teknologi? Karena kegunaannya yang simpel dan tidak merepotkan. Coba anda bayangkan kalau tidak ada gunting di tempat Anda? Apa anda ingin memotong benda (ambil contoh: benang) dengan gigi anda sendiri? Pasti repot ya :D
Saya aja kalau mau potong tali ya pakai gunting, kan lebih efisien. :)

Yang lebih sering kita gunakan adalah pena, sebuah alat yang berperan untuk menulis. Saya dan teman-teman serta Anda yang sedang membaca artikel ini sudah pasti sering menggunakan pena, kan? Ya, saya juga kalau lagi belajar di sekolah pasti menulis, dan menulisnya pakai pena. Terus, kalau di rumah? Saya menulis pakai tinta (ya itu juga sama aja pena, kan pena isinya tinta. hahaha :D ).
"PENA" merupakan sebuah alat yang termasuk TIK karena menyediakan kemudahan untuk berbagi informasi kepada pembaca.

Alat yang lebih hebat lagi yang fungsinya sama seperti pena adalah "KEYBOARD". Yang jelas, kalau anda sudah menghidupkan komputer, terus dapat sms dari guru anda yang isinya seperti ini
"saya punya tugas untuk anda, buat soal tentang komputer sebanyak 35 soal lalu print, kumpulkan besok"
pasti tangan anda langsung arahin mouse ke MS.Word terus jari tangan anda mulai ngetik deh pakai keyboard. Saya juga pernah di kasih tugas seperti itu sama guru saya. Nah, keyboard ini memiliki fisik yang dapat di sentuh, tapi hasil yang di ketik oleh sebuah keyboard ini yang tidak dapat kita sentuh kecuali jika kita print hasil ketikannya.

Sama seperti pena, keyboard juga termasuk TIK karena sama juga seperti pena yakni berbagi informasi kepada pembacanya (siapapun, termasuk anda. contohnya: artikel yang saya tulis ini yang sedang anda baca).

Alat untuk print hasil ketik dari keyboard ini disebut "PRINTER", sebuah alat yang juga di anggap sebagai TIK karena alat ini memberi kemudahan dan kefisienan untuk mencetak hasil yang sudah di ketik oleh pengguna melalui keyboard yang di gunakannya. Di sekolah saya, Printer berperan penting untuk mencetak lembar tugas siswa dan guru.
Gunting, Printer, Pena, Keyboard termasuk teknologi

Ada yang tahu dengan benda yang satu ini?

Ya, Roda. Guru dan teman-teman saya banyak yang menggunakan kendaraan. Namun, apa jadinya jika kendaraan yang mereka gunakan tidak ada rodanya? Ya gak jalan lah, :D
Roda ini asalnya dari karet. Kok bisa ya karet menjadi roda? Tentu saja, karena karet di buat menggunakan mesin vulkanisir. Nah, mesin inilah yang menciptakan suatu teknologi untuk mengubah karet menjadi roda.



Ada juga teknologi yang menurut saya merupakan teknologi yang sangat maju, adalah ponsel, tablet PC dan Laptop.
Mari kita bahasa satu-persatu.

Pertama, Ponsel.
Ponsel
Di sekolah saya, teman-teman, guru dan lainnya rata-rata sudah menggunakan ponsel. Begitu penting nya ponsel untuk membuat penggunanya dapat berkomunikasi dengan orang yang di hubunginya. Dan pasti Anda juga punya ponsel kan? buat hubungi siapa tuh? pacar ya? hehe, nebak aja kok :D

Ponsel sendiri sudah ada yang ditanamkan fitur canggih termasuk layar sentuh, prosesor dan lainnya. Juga, Anda dapat mendengarkan musik, menonton video bahkan bisa juga menonton TV dengan menggunakan software. intinya, ponsel ini hampir menyaingi fitur dan spesifikasi nya komputer.

Kalau saya, memakai ponsel untuk sms-an dan buat nelpon teman dan guru. Tapi kalau pacar, saya ga punya jadi saya cuma sms teman-teman dan guru aja. kadang juga, saya dengar musik sama nonton video buat menghibur aja

Kedua, Tablet PC
Tablet PC
Di sekolah saya (yeh elah, balik lagi ke sekolah nih ceritanya, hehe), saya sering liat teman saya kalau internet-an menggunakan Tablet PC.

Tablet PC ini adalah bapaknya si ponsel (wkwkwk, kayak anak aja donk. haha ). Kenapa saya bilang begitu? karena Tablet PC ini memiliki spesifikasi yang lebih tinggi di bandingkan ponsel. apalagi layarnya, minimal memiliki ukuran layar 7 inci saat ini dan rata-rata menggunakan sistem sentuh di layarnya si Tablet PC. Bandingkan saja dengan ponsel yang fitur-fiturnya rata-rata canggih namun memiliki ukuran layar seluas 5 inci juga (beda 2.o inci dengan tablet PC).

Ketiga, Laptop
Laptop
Di kalangan umum, terutama yang kerjanya di kantor, laptop memang tidak lepas dari benak mereka kalau belum memiliki laptop yang di inginkannya. Kenapa begitu? karena Laptop ini adalah ibunya si ponsel dan istrinya si Tablet PC (wah wah wah, udah kayak keluarga aja ya, hehe).

Laptop ini punya spesifikasi yang jauh lebih tinggi di banding ponsel dan Tablet PC.
Di sekolah saya pun, Guru-guru saya banyak yang menggunakan laptop.

Ponsel ini merupakan persalinan antara Tablet PC dan Laptop. Dan si Tablet PC serta istrinya si Laptop merupakan buah hasil dari kakek dan neneknya yang sama-sama komputer (lengkap sudah anggota keluarganya ya, hahahaha ).

Maksudnya, Ponsel ini adalah perangkat yang berhasil di ciptakan oleh manusia dengan memanfaatkan teknologi yang ada pada Tablet PC dan Laptop. Sedangkan Laptop dan Tablet PC di buat oleh manusia dengan memasang teknologi yang ada pada komputer.

Lalu komputer sendiri asal teknologinya dari mana? Menurut informasi-informasi dan pengalaman yang saya dapatkan, komputer itu asal teknologinya dari beberapa komponen-komponen elektronik yang saya rakit di sekolah waktu itu, seperti HardDisk, MotherBoard, Power Suppy, RAM dan lainnya.


Ada lagi, TIK yang di buat oleh manusia untuk menghubungkan seluruh manusia di dunia untuk memberi informasi dan tetap terhubung dengan teman mereka dalam berkomunikasi melalui jaringan. Apa saja itu? yakni, LAN, WAN, MAN, Wi-Fi dan lainnya

Bagaimana cara kerjanya? Awalnya, jaringan akan membutuhkan server dan client lalu meminta sebuah proxy, IP Address, dan subnet mask untuk mengetahui identitas kita dan informasi-informasi lainnya (termasuk komputer atau perangkat yang anda gunakan yang terhubung dengan jaringan).
Lalu, jaringan akan membaca dan mulai menyediakan layanannya untuk anda seperti mengakses internet, mengupload dan mendownload file.
Juga bisa berbagi informasi bersama teman-teman anda di dalam suatu jaringan.

Hebatnya lagi, Informasi yang kita butuhkan bisa dapat di cari hanya melalui jaringan dan salah satu layanan jaringan yang amat sangat penting untuk manusia adalah mesin pencari (seperti Google).
Mesin pencari ini bisa di akses jika anda punya browser, terhubung dengan jaringan dan komputer anda dapat mengakses internet. Mesin pencari ini biasanya mencari sebuah informasi, website atau situs web dan gambar.
Jaringan Wi-Fi
Guru komputer saya, dia bisa membuat jaringan Wi-Fi untuk sekolah, dengan adanya Wi-Fi yang tersedia di sekolah, saya bersama teman-teman dapat dengan mudahnya mengakses internet.

Dari penjelasan saya tentang manfaat TIK ini dapat di beri kesimpulan bahwa, manusia tidak pernah lepas dari TIK di kehidupan sehari-hari. Selalu membutuhkan informasi dan komunikasi, butuh hiburan dan kesenangan. Di situ lah TIK ini di butuhkan.
Banyak fungsi yang ada di dalam sebuah teknologi, termasuk Informasi dan Komunikasinya.

Namun, jangan manfaatkan TIK untuk hal yang negatif, karena TIK ini bertujuan hal yang positif yaitu untuk memudahkan manusia memberi informasi dan berkomunikasi, serta untuk menghibur dan mencari kesenangan di dalamnya (contoh, pemutar musik dan video) juga untuk menghasilkan uang (contoh, membuat animasi dan film). Jika anda menggunakan teknologi untuk hal yang buruk (negatif).
Itu akan beresiko besar dan dapat merugikan anda sendiri. karena TIK juga punya peraturan-peraturan dan hukum-hukum di dalamnya.

Ambil paku sama palu
buat gantungin kaca
sekian dulu
terima kasih telah membaca

www.sumselprov.go.id
www.dishubkominfo.sumselprov.go.id
www.relawantik-sumsel.org

WikiStudy+ Group
WikiStudy+ Page

1 komentar:

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 

Pencarian

Cari Artikel Di kotak pencarian di bawah ini . . . . . . . . . . . . . . Lalu klik Enter untuk memulai pencarian
x

Arsip Blog

Pengunjung

WikiStudy+ © 2012 | Template By Jasriman Sukri
Animated Social Gadget - Blogger And Wordpress Tips